Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer itu mempunyai arti adalah sekelompok komputer yang saling berhubungan satu sama lain dengan menggunakan Protokol Komunikasi melalui media sehingga dapatsaling berbagi Informasi program-program penggunaan bersama perangkat keras seperti Printer, Harddisk dsb.

  • Manfaat Jaringan Komputer
Manfaat dari Jaringan Komputer ini adalah dapat berbagi sumber daya seperti : Printer, Data, Harddisk, dll. Dapat berkomuikasi seperti lewat E-mail, Chatting, Teleconference. Dapat juga untuk mengamankan data dan mengakses internet bersama-sama.

  • Sejarah Jaringan Komputer
Sejarah komputer ini bertahap dari tahun ke tahun. Pada tahun 1940 satu komputer itu di pakai untuk bersama-sama dan pada tahun 1950 komputer itu melayani beberapa terminal --> Times Sharing System. Tahun 1970 Konsep distributed processing dimana terdapat beberapa host (server) yang saling berhubungan yang melayani beberapa banyak terminal. Dan pada tahun ke 1980-an Komputer telah melalui harga yang relatif murah sehingga dapat berkembang menjadi LAN ( Local Area Network, Internet, Jaringan Global ).

  • Jenis-Jenis Jaringan Komputer
Jaringan Komputer memiliki jenis-jenis tersendiri yaitu :
  1. LAN ( Local Area Network ) 
  2. MAN ( Metropolitan Area Network )
  3. WAN ( Wide Area Network )
  4. Internet 
  5. Wireles
  • Tipe Jaringan Komputer 
Peer To Peer : Masing-masing komputer yang tersambung Jaringan Statusnya sama. 
Client Server : Ada 1 buah komputer server yang bertugas melayani permintaan oleh komputer client.

  • Topologi Jaringan Komputer 
Topologi Jaringan adalah suatu cara bagaimana membentuk / membuat suatu jaringan komputer. Selain itu Topologi Jaringan juga mempunyai berbagai macam. Macam-macam Topologinya adalah :
  1. BUS
  2. STAR
  3. TREE
  4. RING
  5. MESH
Nah itulah Pengertian Jaringan Komputer dan ditambah ilmu tentang Teknologi Komputer juga. Semoga dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Tidak ada komentar: