Cara Mengubah FAT ke NTFS

Cara Mengubah FAT ke NTFS

Cara Mengubah FAT ke NTFS-- hello teknofrends, sekarang teknologi komputer9 akan menjelaskan tentang Cara Mengubah FAT ke NTFS. Saat ini kebanyakan media yang berguna untuk menyimpan data itu berformatkan NTFS, dan format yang lama atau format FAT sudah jarang digunakan. Nah jika media penyimpanan Anda masih menggunakan format FAT, maka Anda dapat mengubahnya ke format NTFS yang memiliki banyak keunggulan atau kelebihan. Kelebihan tersebut mungkin ya format NTFS ini bisa untuk memaksimalkan semua fitur yang ada di windows terbaru, fitur yang paling utama sih fitur keamananya.

Pengertian FAT dan NTFS
  • NTFS adalah  merupakan sistem berkas yang telah dibekali oleh Microsoft dan sistem operasi windows NT. Sistem berkas NTFS pun memiliki desain sederhana tetapi kemampuan NTFS ini dapat di katakan lebih dari sistem berkas FAT. NTFS menawarkan beberapa fitur yang dibutuhkan dalam sebuah lingkungan yang terdistribusi, seperti halnya pengaturan Akses siapa saja yang berhak mengakses sebuah berkas atau direktory, penetapan kuota beberapa banyak pengguna setiap pengguna dapat menggunakan kapasitas harddisk, serta bertoleransi terhadap kesalahan.
  • Sedangkan berkas FAT ini adalah sebuah sistem berkas yang menggunakan tabel alokasi berkas sebagai cara dirinya beroprasi. Untuk penyingkatan, biasanya orang-orang menyebut sistem berkas FAT ini sebagai FAT saja. Kata FAT itu sendiri adalah singkatan dari File Allocation Tabel, yang jika di terjemahkan dalam Bahasa Indonesia adalah Tabel Alokasi Berkas. FAT ini sekarang banyak digunakan untuk kartu memori, biasanya kartu memori pada kamera digital.

Jika windows XP Anda masih menggunakan format FAT, Anda juga dapat mengubah formatnya dengan cara yang amat mudah. Caranya Anda tinggal mengubah sebuah partisi yang berformat FAT ke partisi berformat NTFS. Untuk cara mengubah partisi yang berformat FAT ke partisi berformat NTFS, dapaat Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Anda menuju ke tombol start dan klik " START " kemudian klik " PROGRAM " dan terakhir klik " COMMAND PROMPT ". Atau dapat ketikan command prompt di " search program and file " (untuk pengguna windows 7)
  2. Sedangkan pada windows XP klik " START " kemudian klik RUN dan tuliskan cmd pada kotak RUN lalu klik " OK ".
  3. Setelah muncul jendela Command Prompt, ketikan : CONVERT [driveletter]:/FS:NTFS.Sebagai contoh, jika Anda ingin merubah drive C, Anda tinggal ketikkan C:\>Convert C:FS/NTFS pada Command Prompt.
  4. Tunggu beberapa saat, Karena disitu convert.exe akan mengkonversi partisi drive tadi ke NTFS.
Nah begitulah Cara Mengubah FAT ke NTFS semoga dapat membantu Anda. Tetapi untuk catatanya sebelum Anda melakukan Cara diatas, alangkah baiknya Anda Backup terlebih dahulu segala Data Penting Anda. Dengan Anda membackup Data-Data penting Anda, berarti Anda akan mengurangi resiko untuk kehilangan data saat proses konversi berlangsung.

Tidak ada komentar: